Transportasi Air dan Destinasi Wisata (2017)

Pulau. Komodo Pulau Komodo dan Rinca sebagai daerah tujuan wisata dunia, memberikan sumbangan terhadap peningkatan PDRB Kabupaten Manggarai Barat. Selama tiga (3) tahun terakhir PDRB Kabupaten Manggarai barat mengalamai pertumbuhan rata rata sebesar 5,81%.

Kunjungan wisata di Kabupaten Manggarai Barat juga mengalami peningkatan, terutama wisatawan yang ke Taman Nasional Komdo (TNK) dengan pertumbuhan rata-rata per tahun sebesar 25.51%. Diperkirakan pada tahun 2020 kunjungan wisatawan ke TNK akan mencapai 210.866 orang wisatawan, terdiri dari wisatawan mancanegara sebanyak 171.020 orang ( 81,10 %) dan wisatawan nusantara sebanyak 39.844 orang ( 18,90 % ).

Dengan semakin meningkatnya kunjungan kapal wisata di Labuan Bajo, agar diusukan “pelabuhan Bajo sebagai pelabuhan yang hanya melayani kegiatan wisata atau kapal penumpang, sedangkan untuk melayani kapal kapal barang perlu dicarikan lokasi baru.  Perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mendapatkan informasi yang jelas mengenai cara yang mudah menuju Taman Nasional Komodo.


Komentar