Mengenal Sistem Transportasi Nasional (2019)

Sektor transportasi memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Selain mampu menjalin konektivitas antarwilayah, transportasi juga dapat menjadi penggerak perekonomian suatu wilayah. Dari aspek politik, transportasi dapat menjadi wahana pemersatu bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mendukung kegiatan pemerintahan di tingkat pusat maupun daerah.

Namun penyelenggaraan transportasi di Indonesia masih menemui kendala permasalahan terutama kebijakan dan implementasinya yang bersifat parsial pada masing-masing moda transportasi. Akibatnya, kebijakan yang dihasilkan maupun pembangunan infrastruktur dan pengoperasiannya terkesan berjalan sendiri-sendiri.

Solusi yang ditawarkan buku ini adalah perlunya peraturan setara undang-undang mengenai sistem transportasi nasional agar pengembangan transportasi nasional dapat lebih optimal. Kehadiran undang-undang sistem transportasi nasional diharapkan mampu menegaskan bahwa sektor transportasi merupakan bagian yang strategis dan memiliki posisi penting dalam pembangunan nasional.


Komentar