TINGKATKAN KOMPETENSI PENELITI, BALITBANGHUB GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN BUNGA RAMPAI

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Buku Bunga Rampai yang berlangsung pada Senin (27/8) - Rabu (29/8). Kegiatan yang berlangsung secara virtual ini diikuti oleh para peneliti di lingkungan Balitbanghub dengan menghadirkan narasumber dari Tim Pengajar LIPI Press.

Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembinaan pegawai yang diselenggarakan oleh Balitbanghub dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi pegawai khususnya peneliti Balitbanghub. Dengan adanya kegiatan ini diharakan ke depan buku-buku hasil penelitain Balitbanghub dapat didiseminasikan secara lebih luas

“Melalui kegiatan selama tiga hari ini, diharapkan mampu menjawab berbagai tuntutan akan adanya hasil-hasil penelitian yang optimal, terutama dalam pengemasan pelaporan hasil penelitian,” jelas Tri Kusumaning Utami dalam sambutannya mewakili Sekretaris Balitbang Perhubungan.

Pedoman penulisan publikasi ilmiah para peneliti di lingkungan Balitbanghub mengacu pada Pedoman Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang dikeluarkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Publikasi ilmiah terdiri dari beberapa jenis KTI, salah satu di antaranya adalah buku bunga rampai (Edited book). Penulisan buku bunga rampai memiliki ciri dan kaidah-kaidah tertentu yang harus dipenuhi sehingga layak disebut sebagai KTI buku bunga rampai.

Salah satu fasilitator dari Tim LIPI Press menyebutkan bahwa, “Sebuah bunga rampai harus memiliki informasi yang jelas, topik dan permasalahan apa yang ingin djawab, organisasi penulisan yang koheren dan konsisten, serta setiap artikel terintegrasi dengan baik, bukan hanya sekadar kumpulan bab yang dikait-kaitkan tanpa adanya satu topik yang sama.”

Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta dari peneliti Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian; Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan; Puslitbang Transportasi Udara serta Puslitbang Transportasi Antarmoda. Para peserta mendapatkan materi dasar  mulai dari jenis dan bentuk KTI, perbedaan jenis dan sitematika buku ilmiah dan bunga rampai, jenis dan bentuk bunga rampai hingga selanjutnya menyusun dan mengonversi laporan penelitian menjadi naskah artikel buku bunga rampai untuk selanjutnya dipaparkan dan dirumukan menjadi dua judul buku bunga rampai yang akan diterbitkan.

Komentar