SEKRETARIAT BADAN LITBANG PERHUBUNGAN TERIMA PENGHARGAAN PADA ACARA PUNCAK GERNAS BBI

Jambi—Sekretariat Badan Litbang Perhubungan berhasil memperoleh penghargaan sebagai “Juara 2 Lomba Konten UPT” pada acara puncak atau Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Abadi Jambi, Kamis (14/4). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan dalam mendukung Gernas BBI serta membangun rasa cinta ASN Kemenhub terhadap produk buatan Indonesia.

Kegiatan lomba konten UPT Kemenhub dengan tema “ASN Kemenhub Bangga Menggunakan Buatan Indinesia” yang berlangsung pada 16 Februari hingga 10 Maret lalu diikuti oleh seluruh perwakilan UPT di lingkungan Kemenhub. Dari seluruh peserta, akhirnya terpilih 3 terbaik yang berhak memperlolah penghargaan. Ketiga pemenang tersebut merupakan perwakilan dari Setditjen Perkeretaapian dengan judul “Saat Kereta Tiba di Swiss Van Java”, Sekretariat Badan Litbang Perhubungan dengan judul “Selasa di Kementerian Perhubungan” dan Poltrada Bali dengan judul “Cinta Produk Lokal! Bagini Pemanfaatan Sokasi oleh Taruna Poltrada Bali”.

Pada malam puncak Gernas BBI juga dilakukan pemberian apresiasi kepada para UMKM terbaik. Penilaian dilihat dari inovasi produk yang dilakukan UMKM tersebut, serta bussines plan-nya, juga menilai konsep usaha yang ramah lingkungan, yaitu yang berprinsip green economy dan implementasi zero waste.

Tidak hanya itu, selama tiga bulan Kemenhub bersama pihak-pihak terkait telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam mendukung Gernas BBI di Jambi. Mulai dari Kick Off Gernas BBI Jambi sekaligus Touring Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan, pameran UMKM dan teknologi transportasi kendaraan listrik karya anak bangsa, Webinar Kemudahan Distribusi Logistik- Bussines Forum, pelatihan dan pembinaan UMKM, Lomba Konten Digital (Foto dan Caption) melibatkan masyarakat, Lomba UMKM Marketing Contest, serta Transportation and Bussiness Movement, dan juga menyelenggarakan BBI Fest.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Campaign Manager Gernas BBI untuk bulan Januari s.d Maret 2022 menyebutkan bahwa pelaksanaan Gernas BBI di Provinsi Jambi dinilai berhasil dengan sangat baik. Hal tersebut terbukti dengan hasil selama tiga bulan mencapai Rp12 miliar, atau dua kali lipat melebihi dari target yang ditetapkan sebesar Rp6 miliar.

Melalui sambutannya Menhub menyampaikan, capaian menggembirakan lainnya antara lain yaitu: jumlah UMKM yang berhasil onboarding mencapai 432 UMKM, atau lebih banyak dari yang ditargetkan paling sedikit 100 UMKM onboarding. Selain itu, selama tiga bulan berhasil mendidik sebanyak 1.253 pelaku usaha UMKM di Jambi.

“Saya terus mengajak kita semua untuk bangga membeli produk dalam negeri dan banyak sekali karya-karya hebat yang dihasilkan oleh artisan dan UMKM anak bangsa. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional kita,” ucap Menhub.

Menhub juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Kemenhub dalam mengkampanyekan dan mensukseskan kegiatan Gernas BBI selama tiga bulan di Jambi. “Saya berharap kegiatan ini akan terus mendorong penjualan dan meningkatkan investasi UMKM di daerah. Kami di sektor transportasi berkomitmen terus mendukung upaya ini,” ujarnya.

Komentar

Tulis Komentar