SEKRETARIAT BADAN LITBANG PERHUBUNGAN BERHASIL RAIH PREDIKAT ZONA INTEGRITAS WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)

Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar acara penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) pada Senin, (21/12). Total sebanyak 763 unit kerja mendapatkan predikat WBK dan WBBM dari Kemenpan-RB. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin turut menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut secara

WBK adalah predikat yang diberikan yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi Sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme. Enam area tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan system manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, peningkatan kualitas pelayanan publik dan penguatan akuntabilitas kinerja.

“Reformasi birokrasi adalah sebuah kebutuhan dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata Kelola pemerintahan, karena tata Kelola pemerintahan yang baik merupakan syarat utama terciptanya akselerasi pembangunan nasional,” ujar Plt. Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Jufri Rahman

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berhasil memperoleh penghargaan sebagai Pemimpin Perubahan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dan Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkungan Kementerian Perhubungan. Penghargaan tersebut diraih karena keberhasilan 14 Unit pelaksana teknis (UPT) di Lingkungan Kementerian Perhubungan memperoleh Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2020.

“Alhamdulillah, tahun ini ada 14 unit pelaksana teknis Kementerian Perhubungan kembali memperoleh Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi. Tahun lalu ada 12 unit, jadi ada peningkatan,” kata Menhub Budi di Jakarta (21/12).

Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan merupakan salah satu unit kerja yang berhasil meraih WBK dari 14 unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan yang diusulkan dalam Zona Integritas WBK dan WBBM. Dengan adanya predikat ZI WBK, Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan dan menerapkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Komentar

Tulis Komentar