KBRI DEN HAAG LUNCURKAN BUKU: INTRODUCTION MODERN TRAM IN INDONESIA

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub), Umiyatun Hayati Triastuti menghadiri kegiatan peluncuran Buku Introduction Modern Tram in Indonesia Considerations Regarding Establishment of a Legal Framework and Guidelines for Modern Urban and Regional Rail System Based on Modern Tram System secara virtual pada Jumat (11/12). Buku tersebut merupakan hasil kerja sama antara KBRI Den Haag dengan HLR Consultancy.


Penyerahan buku dari HLR Consultancy kepada Duta Besar RI

Dalam sambutannya, Hayati menyampaikan bahwa Indonesia dan Belanda memiliki hubungan yang erat di berbagai bidang kerja sama, termasuk transportasi. Pada tanggal 11 Maret 2020 lalu, Menteri Perhubungan RI telah menandatangani joint statement dengan Menteri Infrastruktur dan Tata Air Belanda.

“Saya menyampaikan apresiasi atas penyusunan buku ini sebagai salah satu tindak lanjut dari joint statement. Buku ini hadir di saat yang tepat karena saat ini Indonesia sedang fokus untuk mengembangkan infrastruktur transportasi khususnya transportasi berbasis rel seperti LRT dan MRT,” sambung Hayati.

Transportasi cepat massal termasuk kereta api akan menjadi tulang punggung mobilitas jarak menengah dan jauh untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Sejalan dengan perkembangan ini, pengenalan jalur tram modern (kereta ringan) juga sedang dibahas dibeberapa kota di Indonesia seperti di Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan.

“Dalam mengembangkan sistem kereta api ringan di Indonesia, kita harus belajar dari negara lain untuk menemukan dasar dan kerangka hukum yang tepat. Selain itu perlu dikumpulkan berbagai bidang keahlian untuk penetapan regulasi dan standar operasional, serta proses perencanaan, pengembangan, konstruksi, dan pengoperasian,” jelas Hayati.

Buku tersebut disusun sebagai kontribusi KBRI Den Haag untuk meningkatkan transportasi umum di Indonesia serta sebagai dasar pembuatan regulasi di bidang tram.

Turut hadir dalam acara peluncuran buku ini antara lain, Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda; J.V.Groenendijk, Head of Management Support Haagse Tramweg Maatschappij (HTM); W.R.Beukenkamp, Senior Inspecteur Rail Inspectie Leefomgeving en Transport, Ministry of Infrastructure & Water Management the Netherlands; Leo Haring, HLR Consultancy.

Komentar