KABADAN LITBANG PERHUBUNGAN TINJAU ASPEK KEAMANAN, KESELAMATAN, PELAYANAN SERTA KESEHATAN PADA LAYANAN TRANSPORTASI NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022 PADA WILAYAH KALIMANTAN TIMUR

Balikpapan - Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum berakhir, tercatat hingga tanggal 28 Desember 2021, di Indonesia telah terkonfirmasi 120 kasus baru. Hal ini memaksa pemerintah untuk meningkatkan pencegahan dan penanggulangan Covid-19, khususnya di sektor transportasi.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Litbang Perhubungan Umar Aris melalui Instruksi Menteri No. 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Desease 2019 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, melakukan monitoring pergerakan penumpang di masa Natal 2021 dan Tahun 2022 di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada hari Selasa (28/12).


Monitoring dilakukan di beberapa titik, diantaranya Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Pelabuhan Penumpang Kariangau, serta Pelabuhan Semayang. Selain memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan, Umar juga memastikan kesiapan sarana dan prasarana pencegahan penyebaran covid-19 di lokasi tersebut.


“Kalau dulu sebelum pandemi, kita hanya berfokus pada safety, security, services, and compliance, sejauh mana aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat, namun sekarang ada tambahan healthy," ujar Umar.


Ia menambahkan, meskipun kesehatan bukan merupakan core bussiness Kementerian Perhubungan, tapi kita mengadopsi ketentuan-ketentuan yang berlaku.


“Ini bagian yang tidak terpisahkan bagaimana vaksin, bagaimana penumpang harus jaga jarak, pakai masker terus menerus, dan kita harus saling bersinergi untuk mewujudkan transportasi yang sehat,” tuturnya.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor KSOP Kelas I Balikpapan M. Takwim Masuku mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa langkah pencegahan penyebaran covid-19 di masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.


"Kami bersama dengan semua tim baik Pelni, Pelindo, dan kepolisian, kita membagikan masker kepada penumpang yang tidak menggunakan masker, dan juga mengingatkan untuk menggunakan masker," ujarnya.


Pembagian Masker Kepada Penumpang / Dok. KSOP Kelas I Balikpapan 


Takwim juga menginformasikan bahwa jumlah penumpang naik per tanggal 27 Desember 2021 pada Pelabuhan Semayang, Balikpapan mengalami kenaikan. Pada tahun 2020, total jumlah penumpang naik dan turun sebanyak 10742 penumpang, sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 10864, atau naik 1,13 persen.


Berbeda dengan pergerakan penumpang pada Pelabuhan Semayang, pergerakan penumpang di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan pada 27 Desember 2021 ini cenderung menurun dibandingkan tahun lalu. Tercatat penumpang yang tiba menurun 35,9 persen di bandingkan pada tahun 2020, dan penumpang yang melakukan perjalanan juga mengalami penurunan sebesar 11 persen.


Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti mengatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan transportasi udara pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 telah sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan Tahun 62 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Desease 2019 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.


“Sesuai dengan amanat yang tertera pada Instruksi Menteri tersebut, kami melakukan koordinasi, pengawasan, serta pengendalian terhadap badan usaha transportasi udara, bahwa tidak boleh ada penambahan kapasitas penumpang,” tegasnya.


Pengawasan ini juga berlaku untuk pelaku perjalanan transportasi udara. Menurutnya, berbeda dengan tahun 2020, para pelaku perjalanan di masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang tidak memenuhi syarat perjalanan telah memahami konsekuensinya.


“Sesuai dengan amanat yang tertera pada Instruksi Menteri tersebut, kami mengkoordinasikan kegiatan dilapangan, dalam hal ini pelaku perjalanan, apakah sudah memenuhi persyaratan perjalanan atau belum,” tandas Anung.


Berdasarkan hasil monitoring, terpantau bahwa seluruh stakeholder telah melakukan berbagai tindakan untuk memastikan keamanan, keselamatan, serta pelayanan yang optimal. Seperti melakukan ram check pada setiap moda transportasi yang tersedia.

Komentar

Tulis Komentar