CEGAH PENYEBARAN COVID, BALITBANGHUB RUTIN LAKUKAN RAPID TEST KEPADA PEGAWAI

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) melakukan screening Covid-19 dengan metode Rapid Test Antigen untuk seluruh pegawai yang dilaksanakan pada Jum’at (8/1). Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Balitbanghub untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai upaya melakukan deteksi dini, sehingga jika terdapat pegawai yang terindikasi terinfeksi Covid-19 dapat segera ditangani dengan tepat.

Tercatat sebanyak 279 Karyawan yang terdiri dari 114 pegawai Sekretariat Balitbanghub, 42 pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Transportasi Laut dan SDP, 39 pegawai Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian, 34 pegawai Puslitbang Transportasi Antar Moda, 30 pegawai Puslitbang Transportasi Udara, serta 20 juru parkir turut serta mengikuti kegiatan yang dilangsungkan di Gedung Badan Litbang Perhubungan dan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, sebanyak 72 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga mengikuti rapid test antigen.

Dalam pelaksanaannya, panitia pelaksana membagi peserta menjadi beberapa sesi, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan dalam satu waktu. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan bahwa seluruh pegawai diwajibkan mengikuti kegiatan ini. “Semuanya harus ikut, biar kelihatan mana yang terindikasi terinfeksi dan langkah apa yang harus kita lakukan untuk melakukan pencegahan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 oleh dr. Niken Retno sebagai PIC Penanganan Covid-19 Kementerian Perhubungan. “Untuk mencegah penyebaran Covid-19, penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan rapid test antigen, jika terdapat pegawai yang terindikasi terinfeksi Covid-19 maka pegawai tersebut wajib melakukan PCR test. Apabila terindikasi positif, pegawai wajib melakukan isolasi mandiri hingga hasil tes berikutnya menunjukan hasil negatif. Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan satu bulan sekali.

Komentar