BALITBANGHUB BERPARTISIPASI AKTIF PENUHI KEBUTUHAN KANTUNG DARAH DI INDONESIA

Darah sangat berperan penting dalam tubuh manusia, bahkan kebutuhan pasokan darah manusia tiap harinya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan kantung tiap harinya. Hal ini disebabkan kebutuhan darah di Indonesia yang cukup tinggi.

Dokter Endang Pratiwi, seorang dokter umum Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa kebutuhan kantong darah di Indonesia perharinya cukup banyak.  “Perhari bisa 1000 hingga 1200 kantung,” ujar Dr. Endang.

Oleh karena itu, demi memenuhi kebutuhan kantung darah perharinya, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, menggelar kegiatan donor darah pada Selasa (29/3/2022). Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 8 pagi, hingga pukul 12 siang.

Pandu Yunianto selaku Sekretaris Badan Litbang Perhubungan dan Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan sebagai salah satu instansi pemerintahan di Indonesia, merasa terpanggil untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kantung darah.

“Ini adalah wujud dukungan kita, dan bentuk empati kita untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa donor darah adalah sesuatu yang sangat penting, dan bisa berarti (nyawa) bagi kehidupan seseorang.

“Melalui donor darah ini, sadar ataupun tidak, telah terjadi symbiosis mutualisme antara pendonor dengan penerima donor, setiap tetes darah yang kita berikan dapat memberikan kesempatan hidup bagi orang yang menerimanya,” sambungnya.

Kegiatan yang didukung oleh PMI ini diikuti oleh 200 peserta yang berasal dari lingkungan Kementerian Perhubungan dan telah terkumpul sebanyak 161 kantung darah. Dari keseluruhan peserta, terdapat 39 peserta yang tidak dapat mendonorkan darahnya karena faktor kesehatan.

Komentar

Tulis Komentar