72 CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BALITBANGHUB IKUTI ORIENTASI ASN BARU

JAKARTA – Sebanyak 72 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 mengikuti masa orientasi di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan. Masa orientasi yang mengusung tema “Kerja Cerdas Berintegritas Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju” digelar selama lima hari terhitung dari tanggal 4 s/d 8 Januari 2021.

Pembukaan masa orientasi berlangsung di Gedung Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Jalan Merdeka Timur No, 5, Jakarta Pusat pada Senin (4/1/2021) dan dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti, yang memberikan arahan langsung kepada para CPNS.

Mengawali pengarahan dan sambutannya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan mengucapkan selamat kepada seluruh CPNS yang telah diumumkan lolos dan menjadi bagian dari Balitbanghub. Beliau menyampaikan bahwa dengan terpilihnya mereka menandakan para calon-calon ASN ini harus siap berkontribusi untuk memberikan karya-karya terbaiknya dengan niat serta semangat yang tinggi untuk bangsa, dan siap sedia untuk mengabdi di seluruh wilayah Indonesia sesuai yang ditugaskannya.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan mengikuti apel orientasi CPNS baru.

Setelah pembukaan masa orientasi, selanjutnya para CPNS mengikuti orientasi secara online selama tiga hari melalui aplikasi zoom meeting sebagai bentuk pencegahan penularan Covid 19. Agenda yang diikuti oleh seluruh CPNS adalah mengenai pengenalan dan arahan tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing unit kerja di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, yang terdiri dari Badan Kepegawaian dan Tata Usaha, Bagian Perencanaan dan Kerjasama, Bagian DHP, Bagian Keuangan dan Perlengkapan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut Sungai Danau dan Penyebrangan, serta Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara.

Agenda pengarahan tersebut menghadirkan Sekretaris Badan Litbang Perhubungan, para kepala bagian dan kepala pusat-pusat penelitian di Balitbanghub sebagai narasumber. Pada agenda orientasi tersebut, para CPNS juga mendapatkan materi tentang pembangunan integritas untuk profesionalitas kerja ASN.

Pada kesempatan yang ada, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Pandu Yunianto, juga berpesan kepada seluruh CPNS yang mengikuti orientasi untuk tidak hanya bekerja secara cepat tetapi juga mampu bekerja dengan cerdas. “Kerja cerdas itu berarti kerja dengan Cekatan, Efisien, Responsif, Disiplin, Akuntabel, Sopan dan Santun”, ujarnya.

Selama lima hari masa orientasi, para CPNS diberikan beberapa tugas dan juga post test, selain itu mereka pun dinilai keaktifannya pada saat melakukan diskusi dan tanya jawab. Pada hari terakhir orientasi, diumumkan ada tiga peserta yang berprestasi, yakni Yos Rabung, Wildi Kusumasari, dan Dio Agro.

Pekan orientasi CPNS ditutup dengan adanya pelaksanaan Rapid Tes Antigen yang diikuti oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil dan seluruh pegawai yang ada di lingkungan Badan Litbang Perhubungan. Kemudian untuk selanjutnya para CPNS diserahkan pada unit kerja penempatan masin-masing dan siap melaksanakan tugasnya mulai Senin mendatang.

Komentar