Loading...
Berita

Uji Coba Survey Pergerakan Orang Skala Nasional Melalui Data Seluler

1

Jakarta, (16/10)- Uji coba survei asal tujuan transportasi penumpang Tahun 2017 akan dilakukan dengan memanfaatkan data-data telepon seluler, yaitu menggunakan metoda yang berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi, namun data personal pelanggan telepon seluler tidak akan diakses karena yang dibutuhkan hanya data pergerakan orang saja. Data seluler dibutuhkan sebagai basis data dan pengolahannya menggunakan algoritma tertentu, agar kualitas data asal tujuan pergerakan orang akan lebih akurat dan dapat dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.

Metode survei asal tujuan transportasi penumpang yang menggunakan basis data teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan metode baru.  Kemudian matriks asal tujuan berbasis data seluler akan dibandingkan dengan data arus lalu lintas yang didapat dengan melakukan traffic count (TC) dan data sekunder dari data manifes penumpang.

Hal ini di kemukakan oleh Kepala Badan Litbang Perhubungan,  Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, MSc, saat membuka Focus Group Discussion(FGD) Pemantapan Metodologi dan Persiapan Uji Coba Survei Pergerakan Orang, di Ruang Rapat Garuda, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Jl. Merdeka Timur No. 5 Jakarta  Senin 16/10/2017.

Kabadan Umiyatun mejelaskan, bahwa Tujuan Focus Group Discussion kali ini adalah melakukan diskusi rencana pelaksanaan Uji coba Survei Asal Tujuan Transportasi Nasional (ATTN) Untuk Pergerakan Orang guna menghasilkan metode yang lebih efektif, efisien, dan dapat menghasilkan data yang lebih lengkap, serta akurat dengan tingkat validitas yang tinggi, Penetrasi penggunaan telepon seluler di Indonesia membuka peluang untuk memanfaatkan metoda survey ATTN berbasis data seluler. Data seluler telah tersedia dan tersimpan dengan baik pada server operator seluler dalam bentuk CDR yang berbasis transaksi penggunaan seluler oleh pengguna (telepon dan sms) maupaun dalam bentuk data berbasis lokasi BTS yang mencatat perpindahan lokasi BTS dari pengguna, namun diperlukan algoritma guna mengubah data CDR menjadi data MAT sample Ujarnya.

Untuk mendapatkan metode yang tepat dalam FGD ini,  Badan Litbang menengahkan dua pembicara kompeten yaitu Ir. Idwan Santoso, M.Sc., DIC., Ph.D. (Akademisi), dengan topik: Validasi Metodologi Penggunaan Data Seluler Melalui Uji Coba Dengan Traffic Counting Dan Data Produksi Pergerakan Penumpang; dan Agus Leksi (General Manager Central Government Service Divisi Government Service, PT. Telkom Indonesia), dengan topik: Metodologi Penggunaan Data Seluler Untuk Penyusunan Matrik Asal Tujuan;  Diskusi FGD dipimpin Kabadan Litbanghub dan dihadiri oleh Mantan Kabadan Litbang DR Elly Adriani Sinaga serta sejumlah pakar antara lain Aswin, Agus Edy Susilo, Danang Parikesit, Alvin dan Bona Frazilla dari ITB.

Bahasan dalam diskusi antara lain estimasi volume ruas dibandingkan dengan volume ruas yang aktual, untuk mengkonversi melalui traffic counting perlu data arus lalu lintas aktual di titik-titik yang terpenting, dan yang bisa diamati adalah data lalu lintas.

Output yang dihasilkan dari matrik asal tujuan (MAT) yang dibentuk adalah MAT penumpang. MAT penumpang bisa dibedakan menjadi penumpang angkutan umum dan kendaraan pribadi. Sedangkan arus lalu lintas yang diamati secara langsung berupa dalam satuan penumpang, yaitu diturunkan dari pencacahan kendaraan (TC) yang disandingkan dengan pengamat jumlah penumpang (occupancy)

Untuk penumpang angkutan umum bisa digunakan survey naik-turun penumpang angkutan umum serta TC angkutan umum menurut trayek.

Sementara itu data yang disajikan Telkom dengan tema Pemetaan Matriks Asal-tujuan Berdasarkan Data Seluler memperlihatkan dari 99% Jaringan Telkomsel yang menjangkau 34 Provinsi di Indonesia adalah 178 juta pelanggan dan 163,9 juta perangkat seluler. Selain itu, 66 persen populasi di Indonesia terkoneksi dengan Telkomsel

Kabadan Umiyatun berharap hasil diskusi metodologi survey asal tujuan transportasi nasional ini siap untuk digunakan dalam pelaksanaan Uji coba Survey ATTN untuk Orang dan wilayah kajian uji coba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *