Loading...
Berita

PELAKSANAAN SELEKSI REGIONAL LOMBA PENELITIAN TRANSPORTASI TAHUN 2017 BERAKHIR DI YOGYAKARTA

LOMBA JOGJA1

LOMBA JOGJA

Yogyakarta – Kepala Badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti membuka Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Regional IV Yogyakarta yang dilaksanakan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (3/10/2017).

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan DR. Umar Aris, Rektor UGM, dan para Dekanat Fakultas Teknik UGM. Juga hadir Para Dewan Juri yang terdiri dari Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian M Popik Montanasyah, Akademisi UGM Prof Malkamah dan Sigit Priyanto dan PT. KAI Agus Nugroho.

Lomba tingkat regional ini diikuti oleh 12 peserta dengan kategori SLTA-S1 dan S2-S3.  Untuk kategori SLTA-S1 yaitu Alfan Syarifudin, Nur Oktaviani, Muhammad Hilmi A, Mulyono, Agus Muhammad Zulyan dan Tino Fidargo. Sedangkan untuk kategori S2-S3 yaitu Karisma Trinanda P, Dwi Ardianta, Dani Setiawan, Fitri, Ridwan Pandiya dan Deni Ramdani.

Setelah tim juri menilai makalah 12 peserta lomba tersebut, Umiyatun mengemukakan bahwa  Monorel Udara 009 sebagai Prototipe Monorel Udara Sesungguhnya yang dirancang oleh Mulyono menjadi Pemenang Pertama Kategori SLTA-S1 yang mewakili regional Yogyakarta untuk bertanding di tingkat nasional. Monorel Udara 009 merupakan salah satu contoh alat peraga fisika inovatif yang dapat mensimulasikan kereta monorel yang sedang dan sedang akan bergerak, baik dari segi kecepatan, percepatan, gaya dorong, usaha, daya, energy maupun hukum tekanan.

Sedangkan untuk kategori S2-S3, dia menuturkan bahwa  juara 1 diraih oleh Karisma yang mengangkat tema Sistem Informasi Terintegrasi pada Kereta Api Berbasis IOT. Sistem berbasis IOT dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sarana penunjang perkeretaapian. Sistem ini memanfaatkan server berupa komputer mini, router dan perangkat penampil dot matix. Dari hasil pengujian, didapat spesifikasi bahwa sistem menggunakan jaringan wireless tipe- n, jumlah maksimum client sebesar 250 perangkat, jumlah optimal perangkat display yang dapat terhubung sebesar 11 dan diameter area jangkau sebesar ±30 meter.

LOMBA JOGJA1

Pemenang 1 Tingkat Regional dari masing-masing kategori akan bertanding di tingkat nasional untuk memperebutkan Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award oleh Menteri Perhubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *