Loading...
Berita

Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Regional VIII Makassar di Universitas Hasanuddin

IMG-20170920-WA0007

MAKASSAR  (Balitbanghub)- Lomba  Penelitian Transportasi Tingkat Regional VIII Makassar digelar di Gedung Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, seleksi Lomba tersebut dibuka oleh  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc, Rabu (20/9/2017)

Dia mengemukakan bahwa Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional 2017 merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan kelima kali, tujuannya lomba ini untuk menyediakan wadah bagi masyarakat umum untuk menyumbangkan ide-ide kreatif dan inovatif di bidang perkeretaapian, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan pelayanan perkeretaapian serta menjawab permasalahan transportasi, khususnya transportasi perkeretaapian.

Lomba diorientasikan dapat memberikan bahan masukan sebagai pertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan, tutur mantan Staf Ahli Menteri Perhubungan tersebut

 

Hadir dalam acara ini antara lain Ketua Departemen Pengembangan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar beserta jajarannya, para Dekanat Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan.

Delapan peserta lolos dalam tahapan seleksi makalah. Untuk Kategori SLTA-S1 berjumlah 6 peserta dan Kategori S2-S3 berjumlah 2 peserta, namu tim penilai menetapkan  6 peserta yang terbaik dari pertaurangan makalah mereka yaitu: Sulaiha Tahir menjadi juwara di katagori SLTA-S1. Dengan makalah berjudul Optimalisasi Waktu Keterlambatan Kereta Api Menggunakan Program Linear (Studi Kasus: Jadwal Kereta Api Rute Yogyakarta-Solo, Sulaiha berhasil meyakinkan juri untuk menjadi peserta nomor satu, juara 2 oleh Andi Firah Astari, dan juara 3 oleh Rezki Ramdani sedangkan juara 1 katagori S2-S3 direbut Jamaluddin Rahim dengan makalah bertajuk Model Split Transportasi (Dump Truck Vs Kereta Api) untuk Efisiensi Biaya Pemeliharaan Jalan dan juara 2 di raih oleh S. Kamran.

Pemenang I tingkat regional dari masing-masing kategori akan mengikuti seleksi tingkat nasional untuk memperebutkan Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award oleh Menteri Perhubungan dan dilanjutkan dengan Transport Education Trip to Beijing, China.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *