“Marhamban Ya Ramadhan”, Sambut Bulan Suci Ramadhan, Bulan Penuh Berkah dan Ampunan

Jakarta,15/05/2018- Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut Ramadhan, tamu yang istimewa ini. Persiapan penting yang harus kita lakukan adalah persiapan mental dan ilmu. Mempersiapkan diri secara mental tidak lain adalah dengan mempersiapkan ruhiyah kita serta membangkitkan suasana keimanan dan ketakwaan kita.

 

Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1439 H dan mempererat tali silaturahmi diadakan acara Punggahan di lingkungan Badan Litbang Perhubungan,bertempat di Ruang Auditorium Badan Litbang pada Selasa, 15/05/2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan menyucikan batin dan raga dengan membangun niat dan motivasi yang kuat untuk dapat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan dengan Khusu,  fisik dan mental yang sehat wal`afiat. acara ini menghadirkan penceramah Rohani, ketua bidang Riset dan pengkajian MUI pusat Prof.Drs. H. Yusuf Asri M.Si., APU dengan tema “menyambut Berkah Ramadhon 1439 Hijrah”. sebelumnya Kepala Badan Litbang Perhubungan Ir. Sugihardjo. M,Si membuka acara ini.

 

Seluruh keluarga besar Balitbanghub baik Muslim maupun Non Muslim hadir mendengarkan tauziah ustad H. Yusuf Asri yang menyampaikan umat Islam berkewajiban untuk menyempurnakan rukun iman, salah satunya yakni berpuasa di bulan Ramadham. Pelaksanaan puasa ini berdasarkan firman Allah SWT sebagaimana tertera pada surat al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Disebutkan bahwa berpuasa di bulan Ramadhan ditujukan agar umat Islam semakin bertakwa kepada Allah. Mematuhi seluruh perintah-Nya. Mengutamakan kebajikan dan menjauhi angkara murka. Suatu tindakan yang negatif merefleksikan persekutuan dengan iblis hingga berpotensi memicu kehancuran dunia.

Mengacu beberapa sumber, puasa di bulan Ramadhan bukan hanya mampu meningkatkan takwa umat Islam kepada Allah, namun pula dapat mengendalikan empat warna nafsu manusia, yakni: hitam (aluamah), kuning (supiyah), merah (amarah), dan putih (mutmainah). Sehingga, keseimbangan hubungan jiwa dan raga yang dapat menciptakan suasana tenang, tenteram, dan damai niscaya terwujud” sebut  H. Yusuf Asri.

semoga punggahan ini dapat menjadikan momen untuk dapat mempersiapkan diri dalam memasuki Bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *