edit 3

FGD ATTN HADIRKAN TEMA“EVALUASI METODOLOGI SURVEI ASAL TUJUAN TRANSPORTASI NASIONAL (ATTN) UNTUK PERGERAKAN ORANG”

Berkaitan dengan database pergerakan orang, Kementerian Perhubungan secara periodik melaksanakan survey secara nasional guna menghimpun data pola pergerakan orang.  Survey ini dikenal sebagai Survey Asal Tujuan Transportasi Nasional atau Survey ATTN  yang secara berkala dilakukan setiap lima tahun.

Kegiatan desain penelitian survey ATTN pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk menyempurnakan desain/metodologi survei pada periode sebelumnya dan melakukan uji coba dengan metodologi tersebut di beberapa daerah. Hal ini mengingat bahwa secara nyata telah terjadi perubahan yang signifikan dalam berbagai hal yang yang secara langsung maupun tak langsung akan berpengaruh terhadap kegiatan survey ATTN.

Perkembangan teknologi adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh secara langsung. Kehadiran BIG DATA sebagai bank data yang sangat besar memberikan peluang untuk dimanfaatkan sebagai sumber data (sampling) untuk membangun Matrik Asal Tujuan Transportasi Nasional. Salah satu big data yang bisa dimanfaatkan adalah data seluler yang dapat diolah menjadi data pergerakan orang.

 

Dalam usaha untuk mempersiapkan dengan baik pelaksanaan kegiatan Survey Asal Tujuan Transportasi Nasional untuk orang, Badan Litbang lakukan Focus Discussion Group (FGD) untuk menampung masukan/pendapat dari para ahli/pihak terkait mengenai metodologi survei ATTN pergerakan orang dengan menggunakan data seluler sehingga dapat disusun Konsep Metodologi Survei Asal Tujuan Transportasi Nasional (ATTN) untuk pergerakan orang dan melakukan uji coba dengan metodologi tersebut. Selasa, 29 Agustus 2017

Dalam FGD dihadirkan 3 pembicara dari kalangan akademis pemerintahan yaitu:  Ir. Idwan Santoso, M.Sc., DIC., Ph.D. (Akademisi), dengan topik: Kebutuhan Data Perencanaan Transportasi dalam Mendukung Kelancaran Mobilitas Orang

 Dr. Ir. Ashwin Sasongko Sastrosubroto, M.Sc (Kominfo), dengan topik: Kendala dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengumpulan Data Pergerakan Orang Agus Leksi (General Manager, Central Government Service Divisi Government Service, PT. Telkom Indonesia), dengan topik: Implementasi Penggunaan Big Data untuk Mendukung Kebijakan Perencanaan Transportasi.

Untuk mencari solusi  dan masukan, FGD ini mendatangkan pembahas yang kompeten dibidangnya seperti :Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat; Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Direktorat Jenderal Perkeretaapian,Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas, Prof. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D., Institut Teknologi Bandung, Ir. Alvinsyah, MSc, Universitas Indonesia,Drs. Ek. Ranendra D., M.Sc, Praktisi, kegiatan ini di buka oleh Kepala Badan Litbang Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc.,dimoderatori oleh  sebagai Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda  Drs. Juren Capah. M. MTr.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *