Loading...
ArtikelBerita

Balitbanghub Angkat FGD “Smart Mobility & Smart Infrastructure”

edit 3

Jakarta, 31 September 2017 (Balitbanghub)- Smart City merupakan sebuah konsep kota cerdas dimana tujuan dari Smart City itu sendiri adalah untuk membentuk suatu kota yang nyaman, aman, serta memperkuat daya saing dalam perekonomian. Aspek utama pembangunan Smart City menurut Frost dan Sullivan pada tahun 2014 yaitu Smart Governance, Smart Technology, Smart Infrastructure, Smart Healthcare, Smart Mobility, Smart Building, Smart Energy dan Smart Citizen. Smart Mobility yang merupakan salah satu unsur dari Smart City, adalah sebuah konsep dimana mobilitas masyarakat didukung oleh moda transportasi yang beragam, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan ICT. Smart Mobility merupakan salah satu solusi bagi masalah transportasi perkotaan di Indonesia.  Sedangkan Smart Infrastructure adalah merupakan salah satu unsur dari Smart City, yaitu sebuah konsep dimana jejaring infrastruktur fisik yang saling berinteraksi, saling melengkapi, dan mampu menghadirkan added value dari sebuah kota. Infrastruktur yang harus ada dan terus dikembangkan dalam sebuah kota diantaranya adalah Infrastruktur energi dan listrik, infrastruktur air, infrastruktur jalan dan transportasi. Dalam hal ini Smart Infrastructure adalah bagaimana pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi di Indonesia dapat didukung dan terintegrasi dengan ICT.

untuk mendapatkan solusi permasalahan, mengetahui model awal, dan mengetahui kekosongan regulasi  Smart Mobility dan Smart Infrastructure di Indonesia,  dan  agar mendapatkan pengetahuan tentang best practices penerapan Smart Mobility dan Smart Infrastructure Badan Litbang menyelenggarakan FGD dengan tema Smart Mobility & Smart Infrastructure Kamis,31 Agustus 2017.

Kepala Badan Litbang Perhubungan Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc., menyampaikan bahwa untuk dapat mewujudkan Smart Mobility pengembangan angkutan massal baik busway, LRT, MRT serta penerapan Smart Technology untuk manajemen lalu lintas antara lain Electronic Road Pricing (ERP), Cooperative Vehicle Infrastructure Systems (CVIS) perlu segera diterapkan.

Dijelaskan Umiyatun, CVIS  merupakan teknologi yang dibangun oleh pemerintah dan swasta yang memungkinkan pengguna kendaraan dan jalan saling bertukar informasi mengenai status kemacetan dan kondisi jalan, dan memberikan rekomendasi arah lalu lintas.

Beberapa kota di Indonesia yang sudah menerapkan konsep Smart City, antara lain Jakarta, Bandung, dan Makassar. Jakarta telah menerapkan Smart City Lounge. Ruang tersebut merupakan pusat kontrol untuk mengoperasikan Smart City melalui TIK dan mampu menerima pengaduan masyarakat mengenai masalah sosial, macet, banjir, sampah, kriminalitas, pelayanan publik dan lain sebagainya. Jakarta juga telah didukung aplikasi andalan seperti Qlue, Jakarta One Card, Smart Street Lighting System, Dum Truck Tracker, City Surveillance System, Oleh karena itu untuk mendapatkan gambaran mengenai permasalahan serta solusi mengenai penerapan Smart Mobility dan Smart Infrastructure di Indonesia FGD ini perlu untuk dilakukan, kata pejabat eselon 1 yang biasa dipanggil Ati ini.

.



FGD ini menghadirkan 2 pembicara handal  yaitu  Fadzri Santosa (Ketua Smart Transport Mobility and Logistic) dengan topik “Model Smart Mobility“, Eko Widodo (Ketua Smart Infrastructure manyajikan topik “Model Smart Infrastructure”,  dengan   lima pembahas handal  yaitu Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat (Ketua Umum APIC). Noni Sri Aryati Purnomo ( ITS Indonesia)  Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat . Kadishub Kota Surabaya, Kadishub Provinsi DKI Jakarta,  dimoderatori oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Darat dan Perkeretaapian.

dari FGD ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Smart City di Indonesia perlu memperhatikan skema pendanaan, mempertimbangkan pola ruang dan tata ruang, perlu penambahan quantity, Smart Mobility terkait dengan First Mile dan Last Mile dan perlu diperhatikan infrastruktur untuk pejalan kaki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *