Loading...
Berita

Badan Litbang Gelar Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK)

3

Jakarta- (21/11) Untuk mewujudkan sinergitas penelitian dan pengembangan dalam mendukung kualitas berbagai prioritas nasional melalui inovasi dan kolaborasi penelitian antar lembaga kelitbangan dan stakeholder. Sehingga hasil penelitian dapat membantu menjawab tantangan berbagai permasalahan dalam pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing  perekonomian nasional untuk mensinergitas hal ini Badan Litbang Perhubungan selenggarakan Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK), melibatkan Kementerian dan Lembaga terkait diantaranya hadir Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo,  Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Bambang Subiyanto Kementerian Hukum dan Ham serta Rektor dari beberapa Universitas di Indonesia

Forum ini mengemukakan tema Revitalisasi Badan Litbang Perhubungan Dalam Mendukung Pembangunan Infrastruktur Transportasi untuk Peningkatan Daya Saing dan Kemandirian Perekonomian Nasional.

Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK)  di buka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menekankan peran Badan Litbang tidak saja melakukan Penelitian dan Pengembangan semata tapi harus mampu jadi driver penerapan teknologi dan informasi di transportasi melalui inovasi dan kreativitas sebagai kontribusi nyata dalam mendorong kebijakan sektor perhubungan dan program Nawacita. Kata Menhub dalam sambutannya pada Forum Kelitbangan Kementerian/Lembaga (FKK), di Hotel Grand Mercure, Jakarta pada Selasa pagi ( 21/11/2017)

Budi Karya menjelaskan Badan Litbang harus dapat menjawab permasalahan transportasi dan perkembangan teknologi transportasi serta isu-isu global, Badan Litbang harus dapat menjawab tuntutan atas permasalahan dan permasalahan transportasi serta isu-isu global yang mengharuskan penelitian tidak lagi bersifat desk study tetapi juga engineering research

Menurutnya, saat ini komunikasi dan teknologi begitu cepat dan proses digital banyak cepat memengaruhi pikiran orang. Saat ini yang harus diperhatikan adalah deret ukur bukan deret hitung, kalau tidak maka kita akan ketinggalan, ujarnya. Jangan sampai hasil penelitian hanya masuk perpustakaan saja, namun juga dapat diimplementasikan dengan baik untuk kemajuan transportasi Indonesia”jelas Menhub Budi”.

Melalui transformasi tersebut, Badan Litbang Perhubungan diharapkan dapat meningkatkan fungsi dan perannya dalam setiap perumusan dan pengambilan kebijakan transportasi karena Badan Litbang harus mampu mengambil langkah-langkah dalam pembaharuan, inovasi dan reformasi di sektor transportasi” tegas Budi Karya”.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Badan Litbang harus dapat berkolaborasi dengan Lembaga Perguruan Tinggi, Kementerian/Lembaga Pemerintah untuk memberikan temuan terbaru dalam ilmu pengetahuan bidang transportasi.

Menhub berharap Forum Komunikasi Kelitbangan ini dapat menjadi moment yang tepat untuk mensinergikan rencana riset antar Kementerian/ Lembaga dan Perguruan Tinggi dengan fokus pada bidang yang relevan dengan permasalahan transportasi saat ini. Harapan besar kami agar Badan Litbang Perhubungan lebih berperan memberikan masukan dalam proses pengambilan keputusan Kementerian Perhubungan baik melalui naskah akademis maupun teknis, melalui forum ini dapat mensinergikan penelitian dan pengembangan dalam mendukung kualitas berbagai kebijakan prioritas nasional melalui inovasi dan kolaborasi penelitian antar lembaga kelitbangan dan stakeholder “tutup Menhub”.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Litbang Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan, kegiatan penelitian kedepan diharapkan tidak lagi hanya bersifat desk study tetapi juga engineering research dan peran Balitbanghub sebagai Knowledge Management Center (KMC) di bidang transportasi, untuk menjadikan Badan Litbang kedepan sebagai lembaga riset yang berkompeten, terpercaya, dan kredibel maka Badan Litbang perlu mengambil langkah-langkah didepan dalam pembaruan dan reformasi penelitian di bidang transportasi”ucap Kabadan Litbanghub Umiyatun”.

Salah satunya, dengan membangun kolaborasi penelitian dengan lembaga-lembaga penelitian maupun universitas tingkat nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan riset transportasi khususnya untuk mendukung penelitian teknologi transportasi dan menjawab permasalahan transportasi yang bersifat lintas sektor seperti faktor emisi gas buang kendaraan terhadap lingkungan.

Umiyatun Hayati mengatakan, Badan  Litbang Perhubungan diharapkan menjadi motor perubahan dalam peningkatan kualitas bertransportasi, Badan Penelitian dan Pengembangan sebagai think tank untuk setiap pengambilan kebijakan transportasi” tuturnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *